Ibu Hamil Bolehkah Cabut Gigi ? Apa Bahayanya ? Mitos atau Fakta ? – HeniKus

Monday, November 5th 2018.

Cabut Gigi saat Hamil – Bahaya dan Penanganan Sakit gigi adalah penyakit yang datang spontan tanpa ada gejala sebelumnya. Ibu hamil juga bisa mengalami sakit gigi dengan atau tanpa penyebab. Hamil bukan merupakan penyakit, namun pencabutan gigi saat hamil harus mempunyai pertimbangan khusus. Karena semua yang diprioritaskan adalah menghindari gangguan terhadap bayi yang di kandungnya. Infeksi mengganggu janin, dan seharusnya janin tidak boleh terkena bahaya apapun.

Sakit gigi sewaktu hamil, disebabkan karena adanya beberapa penyebab di antaranya :

Sewaktu adanya kehamilan ibu hamil akan mengalami perubahan hormon yang sangat drastis. Perubahan hormon inilah yang mengakibatkan peradangan gusi ( ginggivitis ) yaitu gusi bengkak dan pembuluh darah melebar. Biasanya gusi ini akan mudah pecah dan berdarah apabila ibu hamil sedang menggosok gigi.  Selain itu, ibu hamil juga dapat mengalami epulis gravidarum yaitu suatu tumor kehamilan berupa benjolan di gusi. Benjolan ini menyebabkan gangguan mulut seperti susah makan, sampai sulit berbicara pada ibu hamil.

Penyebab yang lain sewaktu hamil juga bisa karena frekwensi muntah yang berlebihan misalnya morning sickness ( muntah ibu hamil di pagi hari ). Muntah yang terus menerus ini mengakibatkan rusaknya enamel pada gigi dan mengakibatkan gigi berlubang, sebab sisa-sisa muntahan yang tertinggal di gigi menyebabkan gigi rusak.

Ibu Hamil Bolehkah Cabut Gigi ? Apa Bahayanya ? Mitos atau Fakta ?

Oleh sebab itu, apabila ibu hamil mengalami muntah, sebaiknya sering kumur dengan air putih setelah muntah. Hal ini supaya sisa-sisa makanan yang tertinggal di gigi bisa hilang.

Pertumbuhan bayi didalam perut ibu membutuhkan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Sedangkan ibunyapun juga membutuhkan asupan kalsium untuk memenuhi kebutuhan tulang dan gigi ibu sendiri. Maka dari itu ibu hamil memerlukan asupan kalsium supaya bayi tidak mengambil kalsium dari ibunya. Sebab bila ibu kekurangan kalsium maka menyebabkan tulang-tulang serta gigi ibu terasa linu-linu semua. Serta gigi ibu bisa berlubang.

Ibu Hamil Bolehkah Cabut Gigi ? Apa Bahayanya ? Mitos atau Fakta ?!

Bahaya Gigi ibu berlubang

Gigi berlubang harus mendapatkan perawatan dari dokter gigi. Perawatan yang dapat dilakukan dengan menambal gigi yang berlubang. Tujuan menambal gigi berlubang untuk mencegah makanan beserta kuman yang masuk ke dalam lubang yang bisa menyebabkan sakit gigi. Tetapi kadang gigi sudah berlubang besar dan parah sehingga muncul ide untuk mencabut gigi ibu hamil.

Ibu Hamil Bolehkah Cabut Gigi ? Apa Bahayanya ? Mitos atau Fakta ?

Alasan Kenapa Ibu Hamil Tidak Boleh Cabut Gigi ?  Cabut gigi adalah solusi yang cepat untuk menyembuhkan sakit gigi. Tetapi, ada bahayanya ketika cabut gigi pada saat hamil. Berikut ini dibahas bahaya cabut gigi di saat sedang hamil:

  • Kelahiran bayi prematur atau keguguran

Ibu hamil bolehkah cabut gigi ? apa bahayanya ? mitos atau fakta ? Cabut gigi di saat sedang hamil akan beresiko terjadi pendarahan yang bisa mempengaruhi pembuluh darah ibu hamil. Kondisi inilah yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim pada ibu hamil. Jika terjadi kontraksi sebelum waktu melahirkan, bisa mengakibatkan ketuban pecah sebelum waktunya yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur atau bahkan keguguran.

Setelah dilakukan cabut gigi, maka ibu hamil akan diberikan obat anti nyeri yang digunakan untuk mengobati peradangan pada gigi setelah pencabutan. Obat-obat ini biasanya mengandung steroid dan juga obat anti inflamasi. Seperti ibuprofen dan cataflam, dua jenis obat ini tidak direkomendasikan untuk diminum oleh ibu hamil karena dua jenis obat itu bisa menyebabkan gangguan pada janin yang dapat mengakibatkan cacat fisik pada bayi.

Ibu Hamil Bolehkah Cabut Gigi ? Apa Bahayanya ? Mitos atau Fakta ?

 

  • Bayi meninggal di kandungan

Ibu hamil bolehkah cabut gigi ? apa bahayanya ? mitos atau fakta ? Hal-hal lain yang bukan hanya menimbulkan cacat fisik pada bayi, jenis-jenis obat yang mengandung steroid ataupun obat anti inflamasi tanpa steroid, juga dapat menimbulkan bayi meninggal ketika masih di dalam kandungan. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil yang terpaksa dilakukan cabut gigi saat hamil hanya diperbolehkan untuk minum obat-obat seperti paracetamol, itu pun tidak boleh kerep.

Setelah pencabutan gigi, dokter biasanya tidak hanya meresepkan obat-obat peradangan atau anti inflamasi saja, namun juga obat-obat antibiotik seperti amoxillin, clindamcine,penicillin dll. Untuk minum obat-obat tersebut ibu hamil harus hati-hati sebab juga harus konsultasi dengan dokter kebidanan.

  • Keracunan, gangguan pernapasan & gangguan kontraksi rahim

Cabut Gigi saat Hamil? Ini Bahayanya!!  Tindakan cabut gigi memerlukan tindakan anestesi /bius supaya rasa sakit saat dilakukan pencabutan gigi tidak ada atau berkurang. Obat seperti ini sebetulnya tidak berbahaya bagi ibu hamil, maupun janin yang di dalam kandungan.

Ibu hamil bolehkah cabut gigi ? apa bahayanya ? mitos atau fakta ? Tetapi pada, kasus tertentu, contohnya, bagi akar gigi yang masih sangat kuat dan membutuhkan tindakan bedah yang lebih sulit, maka biasanya akan menggunakan obat bius yang akan disuntikan di sekitar gigi yang bermasalah. Nah, Obat bius inilah yang perlu dipertanyakan keamanannya untuk ibu hamil dan juga janin yang dikandung. Sebab ada jenis obat bius yang dapat mencemari ASI, mengganggu napas bisa juga menimbulkan kontraksi ibu hamil.

Ibu hamil bolehkah cabut gigi ? apa bahayanya ? mitos atau fakta ? Dokter gigi atau ahli bedah mulut akan menghindari pencabutan gigi sewaktu ibu sedang hamil. Namun jika ibu hamil merasa kesakitan terus menerus sewaktu hamil dan ibu terasa tertekan, maka hal inipun juga tidak baik untuk ibu hamil. Jadi, terpaksa pencabutan gigi segera dilakukan sewaktu hamil.

Pencabutan gigi tidak akan terasa sakit, karena ibu hamil sudah di kasih anesthesi dengan dosis yang rendah, dan dokter kandungan harus mengizinkan ibu hamil di cabut giginya jika ibu hamil tersebut merasa sangat kesakitan. Apabila harus dilakukan pencabutan gigi selama kehamilan, maka sebaiknya dilakukan pada trimester ke dua.

Karena adanya beberapa resiko cabut gigi di waktu hamil maka, lebih baik ibu hamil menghindari tindakan cabut gigi di saat sedang hamil. Berikut ini ada beberapa metode atau acara yang dianjurkan sebagai pengganti penanganan sakit gigi untuk ibu hamil :

  1. Perawatan saluran akar

Sakit gigi di waktu sedang hamil adalah hal yang sangat mengganggu dan harus segera ditangani. Dokter gigi biasanya akan melakukan perawatan saluran akar yang fungsinya untuk menghilangkan sumber infeksi. Perawatan saluran akar ini misalnya membersihkan gigi yang berlubang dan meredakan / mengatasi sakit gigi yang dirasakan oleh seorang ibu hamil.

2. Tambal gigi

Perawatan saluran akar, termasuk tindakan seperti menambal lubang gigi di lakukan untuk mencegah masuknya sisa-sisa makanan ke dalam lubang gigi yang bisa mengakibatkan tumbuhnya kuman dan bakteri yang menjadi penyebab sakit gigi. Menambal gigi ini aman dilakukan untuk ibu hamil.

Ibu Hamil Bolehkah Cabut Gigi ? Apa Bahayanya ? Mitos atau Fakta ?

3. Memastikan obat yang aman

Bagi ibu hamil, sangat penting untuk memperhatikan segala sesuatu yang masuk kedalam tubuhnya termasuk obat pereda nyeri saat infeksi. Ibu hamil hendaknya membicarakan dengan dokter kandungan obat-obat pereda nyeri untuk di minum saat sakit gigi.

4. Berkumur dengan air garam yang hangat

Pada waktu sedang sakit gigi, ibu hamil disarankan terapi secara tradisional yaitu berkumur dengan air garam yang hangat. Fungsi dari air garam juga bisa sebagai antiseptik juga bisa membersihkan sisa-sisa makanan dari lubang gigi. Air garam yang hangat juga bagus untuk menghilangkan sakit gigi. Namun hanya untuk berkumur saja jangan di telan.

Ibu Hamil Bolehkah Cabut Gigi ? Apa Bahayanya ? Mitos atau Fakta ?

 

5. Boleh cabut gigi dengan pertimbangan

Jika memang tidak ada pilihan lain dan gigi pada ibu hamil harus di cabut, maka dokter gigi akan berkonsultasi dengan dokter kebidanan, untuk mendapatkan pertimbangan lain sebelum di lakukan tindakan cabut gigi.

6. Lakukan tindakan pencegahan

Tetapi hal yang harus dilakukan ibu hamil dan merupakan hal yang terbaik adalah mencegah terjadinya sakit gigi. Dengan makan makanan yang mengandung serat misalnya sayur, buah, vitamin dan mineral. Pastikan ibu hamil selalu merawat giginya tiap hari dengan menggosok gigi secara teratur dan benar supaya tidak ada sisa makanan yang tertinggal untuk menghindari tumbuhnya bakteri.

Demikian tadi sekilas info tentang Ibu hamil bolehkah cabut gigi ? apa bahayanya ? mitos atau fakta ? Semoga bermanfaat.

 

Sumber : henikustarini

Produk terbaru

Rp 290.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode01EMO1928
Nama BarangTas Mini EMORY Sovia 01EMO1928 Warna Brown
Harga Rp 290.000
Lihat Detail
Rp 290.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode01EMO1928
Nama BarangTas Mini EMORY Sovia 01EMO1928 Warna Black
Harga Rp 290.000
Lihat Detail
Rp 290.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode01EMO1928
Nama BarangTas Mini EMORY Sovia 01EMO1928 Warna Apricot
Harga Rp 290.000
Lihat Detail
Rp 240.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode158
Nama BarangSepatu Smith 158 Heels Warna Black
Harga Rp 240.000
Lihat Detail
Rp 240.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode158
Nama BarangSepatu Smith 158 Heels Warna Apricot
Harga Rp 240.000
Lihat Detail
Rp 200.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode6770-17
Nama BarangKelsey High Heels 6770-17 Warna Khaki
Harga Rp 200.000
Lihat Detail
Rp 200.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode6770-17
Nama BarangKelsey High Heels 6770-17 Warna Grey
Harga Rp 200.000
Lihat Detail
Rp 200.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode6770-17
Nama BarangKelsey High Heels 6770-17 Warna Black
Harga Rp 200.000
Lihat Detail