page hit counter

Pantangan Dan Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil – HeniKus

 

Makanan Yang Dilarang Untuk Ibu Hamil, Kehamilan merupakan masa-masa yang paling sulit bagi wanita dan juga bayi yang ada di dalam kandungannya. Wanita hamil harus makan makanan yang sehat, tidak boleh sembarang mengkonsumsi makanan, minuman maupun Buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Kehamilan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh wanita yang sedang hamil, sehingga bisa membuat Ibu dan bayi yang masih di dalam kandungan rentan terhadap bakteri, virus, atau zat-zat senyawa tertentu yang terdapat dalam makanan.

Banyak sekali pertanyaan dikalangan ibu hamil masalah Beberapa Makanan yang Dilarang untuk Ibu Hamil dan makanan yang boleh dan makanan yang tidak boleh sama sekali dikonsumsi ibu hamil. Karena ada beberapa jenis makanan yang harus di pantang oleh ibu hamil, sebab dapat menyebabkan terjadinya infeksi seperti : Listeria, E. Coli, Toksoplasma, Salmonela, yang bisa membahayakan janin maupun ibu hamil sendiri.

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, Makanan tidak semuanya aman dan baik bagi tubuh. Di Zaman kemajuan teknologi pada masa sekarang ini, Teknik Dasar Merawat Kehamilan: Pantangan Ibu Hamil Muda sering kita jumpai zat / bahan makanan tambahan yang berbahaya, misalnya zat pengawet, zat warna, dan zat penyedap makanan. Nah, zat-zat tersebut sangat tidak baik di konsumsi oleh ibu hamil dan janin yang ada di dalam kandungan.

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil, dan tiga bulan pertama masa hamil adalah periode pembentukan organ tubuh pada janin yang ada di dalam kandungan, https://id.wikipedia.org/wiki/Novero untuk itu sangat rawan bagi ibu hamil untuk makan/ minum, sembarangan karena bisa menimbulkan kecacatan pada bayi yang ada dalam kandungannya, juga bisa meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

Tips Pantangan Dan Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Ibu Hamil!

Berikut adalah beberapa makanan, minuman, buah buahan, maupun kebiasaan yang dilarang untuk ibu hamil :

  • Tidak boleh makan masakan yang terbuat dari daging mentah, atau yang dimasak kurang matang.

Sebab daging mentah banyak mengandung toksoplasmosis dan bakteri E. Coli yang bisa menyebabkan infeksi serius pada janin yang dikandung ibu hamil. Bakteri toksoplasmosis juga terdapat pada sayuran yang tidak bersih di dalam mencucinya. Sebaiknya mencuci sayuran di dalam air bersih yang mengalir. Hindari makan salad yang tidak dicuci dengan air bersih terlebih dahulu.

  •  Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang berkafein

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil termasuk minum kopi. Minum kopi untuk ibu hamil sangat di batasi, kira-kira ibu hamil hanya boleh minum kopi dua cangkir per hari. Kopi dua cangkir sudah setara dengan 200mg kafein hal ini adalah batas maksimal ibu hamil minum kopi per hari. Selain kopi, ibu hamil juga harus mengurangi kafein yang terdapat pada cokelat, minuman berenergi, minuman yang bersoda, dan juga teh. Karena mengkonsumsi kafein lebih dari 200mg sehari bisa meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

OMRON Digital Ear Thermometer [TH839S]PHILIPS Hair Dryer [HP8119]
OMRON Automatic Blood Pressure Monitor [HEM-8712]ACCU-CHEK Active Meter Kit [A50016]

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Baca Juga :  https://henikustarini.wordpress.com/2017/03/25/bolehkah-ibu-hamil-naik-motor-kenali-resiko-dan-bahayanya-inilah-tips-aman-untuk-anda/

  • Hindari camilan yang berlemak dan berkalori tinggi

Wanita hamil sering mengalami lapar terus-menerus, ibu hamil boleh makan camilan, namun camilan yang dikonsumsi adalah camilan sehat yang berkalori rendah dan tidak boleh camilan berlemak tanpa nutrisi. Sebab saat hamil, sistem pencernaan agak cenderung melambat sehingga bisa menyebabkan ibu hamil mengalami kondisi konstipasi.

  •  Ibu hamil harus menghindari Minuman yang mengandung alkohol.

Minuman alkhohol sebaiknya dihindari oleh ibu hamil sebab bisa menyebabkan bayi lahir cacat. Anak-anak yang lahir dari ibu yang mempunyai kebiasaan minum alkohol, maka tingkat kecerdasannya 2-7 poin lebih rendah dibanding anak-anak yang terlahir dari ibu yang tidak minum minuman yang beralkhohol.

Keju mengandung bakteri Listeria yang dapat menembus plasenta dan menginfeksi janin. Bakteri Listeria terdapat pada, keju lunak, blueveined cheese, keju dari susu domba dan kambing, juga termasuk susu yang tidak di pasteurisasi. Bakteri Listeria bisa menyebabkan keracunan dalam darah, sehingga kelahiran premature dan keguguran pada janin bisa terjadi dengan adanya bakteri ini.

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Simak Ini Juga Ya :  https://henikustarini.wordpress.com/2017/03/16/perawatan-ibu-pasca-salinsetelah-bersalin-agar-ibu-cepat-sehat/

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil termasuk durian. Durian sebetulnya kaya vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan, namun bagi ibu hamil dapat menyebabkan resiko yang tidak baik bila berlebihan. Buah durian mempunyai sifat panas ketika berada didalam perut. Orang normal yang kebanyakan makan buah durian bisa agak pusing/ puyeng. Buah durian mengandung zat asam arachidonat, yaitu senyawa kimia sebagai pencetus pembentukan prostaglandin. Prostaglandin merupkan senyawa yang bisa merangsang kontraksi rahim, dengan begitu dapat menyebabkan keguguran terutama pada trimester pertama. Bisa juga kelahiran prematur yaitu kehamilan di bawah 37 minggu.

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Kunjungi Ini Juga Ya :  https://henikustarini.wordpress.com/2016/09/06/apakah-ibu-hamil-boleh-minum-es/

Sebetulnya ada 89 Pantangan Makanan Ibu Hamil. Nanas adalah buah yang kaya akan zat yang disebut bromelain, yang dapat mengakibatkan leher rahim menjadi lunak, dengan demikian bisa berakibat persalinan prematur. Ibu hamil di batasi makan buah nanasnya terutama selama trimester pertama hal ini untuk menghindari pelunakan leher rahim.

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil

Baca Artikel Ini Juga :  https://henikustarini.wordpress.com/2016/01/29/mitos-ibu-hamil-yang-ada-di-masyarakat/

  • Ibu hamil tidak boleh makan dalam porsi besar

Ibu hamil tidak boleh makan makanan dalam porsi besar dan tergesa-gesa, sebab pencernaan bisa mal, dan kembung. Sebaliknya, ibu hamil mengkonsumsi makanannya dalam porsi kecil tapi sering. 13 makanan yang di larang untuk ibu hamil dan menyusui. Hindari mengkonsumsi minuman bersoda, gorengan, dan makanan pedas terlalu banyak. Sebab bisa menimbulkan sakit perut, dan kekenyangan sehingga nanti perut bisa mual, dan kembung.

  • Ibu hamil tidak boleh minum obat sembarangan

Selain 15 pantangan ibu hamil muda yang harus di hindari, Obat juga harus dihindari. Karena obat merupakan zat kimia, ibu hamil tidak boleh minum obat sembarangan karena obat kimia bisa mempengaruhi pertumbuhan maupun kesehatan bayi yang di kandungannya. Ibu hamil hanya boleh menkonsumsi obat vitamin maupun sulfa ferosus/Zat besi, asam folat/untuk pertmbuhan sel-sel bayi, maupun kacium lactat/untuk pertumbuhan tulang bayi.

Baca ini :  https://henikustarini.wordpress.com/2017/03/09/senam-hamil-agar-persalinan-lancar-ibu-dan-bayi-sehat-indonesia-jaya/

  • Ibu hamil tidak boleh merokok

Ibu hamil dilarang keras merokok, sebab rokok mengandung racun nicotine yang bisa menimbulkan bayi lahir dengan berat badan lahir rendah. Nicotine dan zat berbahaya lain pada rokok bisa menyebabkan terjadinya mutasi gen pada janin. Dengan demikian bisa mengakibatkan cacat pada bayi yang akan dilahirkan.

  • Ibu hamil sebaiknya saat hamil tidak pegang hewan yang berbulu

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil termasuk hewan rumahan sehari-hari yang berbulu. Hewan yang berbulu misalnya kucing, anjing, karena hewan-hewan tersebut bisa mempunyai bakteri toksoplasma, yang bisa ditularkan melalui kotorannya.
Oleh karena itu lebih baik tidak bermain-main dengan kucing, anjing, kelinci, maupun hewan-hewan peliharaan rumah lainnya.

  • Ibu hamil sebaiknya Mengenakan Bra/BH Biasa

Perubahan hormon pada ibu hamil menyebabkan tubuh ibu hamil, terutama payudara yang menjadi lebih besar, sensitif, bengkak, dan agak nyeri. Sebab payudara sudah mulai mempersiapkan hormon laktasinya sehingga payudara terasa penuh dan berat maka Anda memerlukan bra/BH khusus ibu hamil yang lebih kokoh dan bagus dalam menyangga payudara sehingga tidak menimbulkan rasa sakit.

  • Ibu Hamil disarankan tidak Mengenakan Pantyliner

Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil termasuk pantangan memakai pantyliner. Keputihan di saat hamil merupakan hal yang wajar. Leukorea atau cairan dari vagina yang berwarna putih susu dari seorang ibu hamil, adalah normal. Biasanya di dalam celana dalam tertinggal sebagai bercak. Namun lebih baik ibu tidak usah memakai pantyliner sebagai pembalut untuk menampung bercaknya. Dengan demikian memakai celana dalam saja dan disarankan ganti celana dalam apabila basah.

Demikian tadi Pantangan dan makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil semoga bermanfaat.

Sumber : henikustarini.wordpress.com