Perawatan Ibu Setelah Bersalin Agar Ibu Cepat Sehat

Tuesday, November 6th 2018.

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat, Saat kelahiran adalah hal yang paling membahagiakan bagi ibu. Selama 9 bulan perjuangan ibu dalam mengandung tentu­nya berat dan luar biasa. Maka dari itu, ketika pertama kali meli­hat bayi yang Anda kandung dan susah payah Anda lahirkan, perasaan bahagia adalah hal yang sudah pasti Anda rasakan. Apalagi bila melihat wajah mungilnya, tubuh, kaki dan tangannya yang kecil, setiap ibu pasti akan merasa terharu dan bahagia bisa memiliki bayi.

Bahkan, saking bahagianya mungkin Anda sudah tak sabar untuk segera menyentuhnya, memegangnya, dan menciumnya. Itulah salah satu bentuk kasih sayang yang begitu mendalam pada sang buah hati. Hanya dengan melihat bayi Anda dalam kondisi normal, sehat dan tak kurang suatu apapun saja sudah cukup membuat Anda menangis bahagia atas apa yang Tuhan telah anugerahkan pada Anda.

Kira-kira perasaan-perasaan seperti itulah yang umumnya di­miliki oleh seorang ibu terhadap buah hatinya. Tapi, percayakah Anda bila ada ibu yang justru mengalami stres setelah melahir­kan? Wah, bagaimana bisa? Bukankah kehadiran bayi adalah moment yang paling dinanti? Mungkin pertanyaan itulah yang terlintas dalam pikiran Anda. Apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya? Dalam bab ini akan dijelaskan apa sebaiknya yang perlu dilakukan ibu pasca melahirkan begitu juga dengan seluk beluk pasca melahirkan.

  1. Masa Pemulihan

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat dan setelah menjalani proses persalinan yang mungkin bagi seba­gian dari Anda menakutkan, tetapi pada akhirnya Anda mampu melewatinya dengan baik. Perjuangan Anda dari sejak kehamilan hingga persalinan ternyata membuahkan hasil yang luar biasa, yaitu kehadiran bayi mungil yang menggemaskan di samping Anda. Tetapi, seperti yang pernah dialami oleh para ibu lainnya bahwa setelah menjalani proses persalinan baik normal maupun caesar, tetap membutuhkan istirahat yang cukup.

Nah, inilah yang dinamakan masa pemulihan. Yaitu, waktu yang dibutuhkan ibu untuk memulihkan kekuatan dan kesehatan fisik ibu setelah menjalani persalinan yang melelahkan. Masa pe­mulihan yang dibutuhkan pun tergantung pada fisik ibu sendi­ri. Bila fisiknya kuat, maka waktu yang dibutuhkan tidak akan lama.

Tips Perawatan Ibu Pasca Salin/Setelah Bersalin Agar Ibu Cepat Sehat!

Sebaliknya, bila fisik ibu sangat lemah, maka waktu untuk pemulihan juga akan lama. Berikut ini hal-hal yang perlu dilaku­kan untuk pemulihan dan perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat, di antaranya:

  1. Istirahat total

Seperti halnya ibu-ibu lainnya, untuk memulihkan kembali kesehatan dan kekuatan fisik Anda, dibutuhkan istirahat yang cukup. Bahkan, bagi sebagian ibu, istirahat bukan hanya seka­dar cukup tetapi juga harus total. Alasannya adalah ibu telah banyak kehilangan darah sehingga asupan nutrisi dan istira­hat saja tidak cukup mengembalikan kesehatannya.

Oleh karena itu, istirahat total adalah solusi bagi ibu untuk memulihkan kesehatan dengan cepat. Yang dimaksud istira­hat total di sini adalah ibu tidak diperkenankan melakukan aktivitas-aktivitas yang melelahkan untuk sementara hingga kondisi fisik ibu benar-benar pulih. Bahkan, segera setelah menjalani proses persalinan, saking lelahnya, ibu biasanya jatuh tertidur. Sangat dianjurkan bagi ibu untuk melakukan istirahat setelah melahirkan selama 24 jam.

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat

Pada saat setelah ibu kembali ke rumah pun, ibu masih tetap dianjurkan beristirahat selama 6 minggu. Itu adalah waktu yang ideal untuk mendapatkan hasil pemulihan maksimal. Pada masa pemulihan, Anda bisa terus beristirahat sambil merawat bayi Anda dengan tenang. Urusan pekerjaan ru­mah tangga, serahkan saja pada suami, pengurus rumah atau minta bantuan saudara hingga Anda benar-benar pulih.

  1. Tinggal sekamar dengan sang buah hati

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat dan Anda percaya atau tidak, sebenarnya tinggal berdua saja dengan bayi Anda bisa dibilang adalah obat mujarab yang membuat ibu cepat sembuh. Hal ini dikarenakan ibu langsung ber­hubungan dengan bayinya sehingga secara langsung bisa mengawasi dan merawatnya. Dengan terciptanya hubungan yang dekat antara ibu dan anak, tentu juga akan memudah­kan ibu dalam pemberian ASI. Selain itu, keberadaan bayi yang dekat dengan Anda langsung memberi ketenangan dan ketentraman jiwa yang tentu berpengaruh juga pada kondisi fisik Anda.

  1. Perawatan Tubuh Pasca Melahirkan

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat maka  selain kondisi fisik, Anda juga perlu merawat tubuh Anda sete­lah melahirkan. Tujuannya adalah agar kondisi kesehatan Anda baik fisik maupun jiwa bisa kembali seperti semula. Untuk itu, diperlukan cara-cara yang tepat untuk merawat tubuh Anda, diantaranya:

  1. Mengetahui kondisi tubuh

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan tubuh setelah melahirkan, ibu cepat sehat sebaiknya perlu mengetahui kondisi tubuh Anda terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengenali tanda-­tanda yang terjadi pada tubuh seperti, denyut nadi, suhu tubuh, pernapasan, tekanan darah dan jumlah hemoglobin (hb).

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat dan hal itu sangat penting agar Anda mengetahui kondisi Anda sedang sehat atau tidak sehat. Bila sehat, tentunya tidak akan masalah melakukan perawatan tubuh. Namun, bila sedang tidak sehat alias sakit, maka perawatan tubuh tak bisa dilakukan. Kalau ingin melakukannya, harus menunggu hing­ga kondisi Anda sehat.

  1. Pergerakan

Segera setelah Anda selesai melakukan persalinan, Anda perlu menggerakkan tubuh sedini mungkin selama sekitar dua jam. Lakukan gerakan-gerakan yang berbeda, misalnya mengge­rakkan tangan dan kaki. Pergerakan-pergerakan yang Anda lakukan bermanfaat memperlancar peredaran darah dan mengeringkan cairan vagina (lochia).

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat, maka  setiap ibu pasti mengalami yang nama­nya berat badan berlebih. Ya, akibat mengandung bayi selama 9 bulan, tubuh ibu menjadi melar. Untuk mengembalikan­nya seperti semula, terkadang ibu mungkin tergoda untuk melakukan diet atau menjalani pola makan tertentu.

Tetapi, hal itu jangan Anda lakukan. Selain akan berpengaruh pada kesehatan ibu yang belum pulih secara sempurna, juga akan membuat produksi ASI menjadi terhambat. Hal itu akan be­rakibat buruk bagi bayi ibu. Oleh karena itu, setelah mela­hirkan, ibu diharuskan mengkonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi seimbang. Tujuannya adalah untuk memproduksi ASI yang banyak dan juga mengembalikan kekuatan ibu yang hilang setelah persalinan.

  1. Merawat payudara

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat, hal yang sangat dianjurkan untuk merawat payudara Anda secara ru­tin, terlebih ketika bayi Anda telah lahir. Maka, hal itu sangat­lah penting. Selain berfungsi sebagai sumber makanan bagi bayi, merawat payudara juga penting untuk mencegah ter­jadinya pembengkakan akibat ASI yang terbendung.

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat

  1. Senam nifas

Hal ini baik dilakukan agar sirkulasi darah dalam tubuh Anda menjadi lancar. Jadi perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat   kembali maka  senam nifas dapat membantu men­gencangkan kembali otot-otot yang kendur akibat persalinan. Sebelum melakukannya, alangkah baiknya bila Anda konsul­tasikan pada dokter terlebih dahulu agar lebih aman.

  1. Menjaga kebersihan pribadi

Tentunya hal ini juga tak kalah penting dilakukan agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit, infeksi atau kelainan pada tubuh lainnya. Kebersihan pribadi yang dimaksud di sini ada­lah kebersihan pakaian, rambut, dan juga kulit.

  1. Kondisi Fisik Pasca Melahirkan

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat maka setiap wanita yang pernah hamil dan melahirkan pastilah mengalami sakit dan lelah yang luar biasa. Perasaan campur aduk antara bahagia dan takut yang dialami wanita ketika akan mela­hirkan, tetapi tak satu pun bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ya, perasaan bahagia dan takut itu muncul secara bersamaan kala hari persalinan tiba. Itulah sebabnya ibu mengalami tekanan yang berat ketika menjalani persalinan.

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat

Namun, sesulit dan sesakit apapun, hal itu tetaplah kodrat yang harus diterima oleh setiap wanita. Untuk itu, keluhan atau kesulitan yang Anda rasakan baik secara fisik maupun mental, agaknya lebih banyak muncul ketika persalinan justru telah usai. Dibanding ketika hamil dulu, rasa sakit dan nyeri pada tubuh sete­lah melahirkan jauh lebih terasa.

Alasannya adalah ketika masih hamil, biasanya ibu banyak mengalami telah kembali seperti se­mula/normal sehingga rasa nyeri dan sakit sedikit saja menjadi lebih terasa. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kondisi fisik dan organ-organ tubuh ibu pasca melahirkan.

  1. Nifas (lochia)

Seperti yang dialami oleh setiap ibu yang melahirkan, nifas pasti akan dialami ibu. Lochia (nifas) sendiri diartikan sebagai darah yang dikeluarkan melalui rahim yang telah menciut dari ukuran semula. Dikarenakan rahim menjadi ciut, maka berat rahim pasca melahirkan adalah 1000 gram.

Suatu berat yang cukup besar karena rahimnya berbentuk seperti kantung bu­lat dan kuat yang dapat menjangkau tali pusar. Ketika menginjak periode 14 pasca persalinan, ukuran rahim menyusut menjadi 350 gram sehingga kemungkinan besar keberadaannya tak lagi bisa dirasakan oleh ibu. Selanjutnya, saat mencapai hari ke-60, akhirnya rahim ibu kembali normal seperti semula.

  1. Perineum

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat maka perawatan perineum yang terletak di bagian antara vulva dan anus haru selalu dilakukan setiap hari. Perineum sendiri kerap disayat oleh dokter dengan tujuan agar mempermudah proses keluarnya bayi. Setelah, bayi berhasil dikeluarkan, maka perineum yang telah disayat tadi, dijahit kembali oleh dokter. Tetapi, meski telah dijahit, terkadang masih suka ada satu dua soal yang luka dan robek yang terlihat memar dan agak bengkak. Untuk pencegahannya, sebaiknya jaga kebersihan daerah perineum Anda dengan mencucinya dengan sabun.

Setelah itu, keringkan lalu pakailah pembalut untuk menjaganya dari bakteri dan kuman. Tetapi, bila Anda merasa tak nyaman de­ngan cara pencegahan semacam itu, maka Anda boleh meng­atasinya dengan cara mengompres daerah perineum dengan air dingin, kemudian air hangat.

  1. Leher rahim (serviks)

Setelah menjalani persalinan, serviks atau rahim ibu menjadi kaku, tebal dan masih terbuka selama sekitar tiga hari. Pen­dapat lain mengatakan sekitar satu minggu. Dalam jangka waktu 3-4 bulan, umumnya serviks akan segera normal.

  1. Vagina

Pembengkakkan vagina yang terjadi pasca persalinan akan kembali seperti sedia kala dalam waktu 3-4 minggu.

  1. Perut (abdomen)

Keluhan lainnya mengenai fisik ibu setelah melahirkan ada­lah mengendornya perut sehingga tampak lebih lembek. Un­tuk mengatasinya, ibu perlu melakukan olahraga atau senam agar perut Anda perlahan-lahan kembali normal.

  1. Payudara

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat maka bagian tubuh yang satu ini yaitu payudara akan tetap membesar hingga masa menyusui selesai. Apabila masa aktif menyusui bayi telah se­lesai, maka ukuran payudara Anda akan kembali seperti se­mula. Meski begitu, Anda harus tetap merawatnya karena jika dibiarkan begitu saja tanpa perawatan yang maksimal, maka bisa saja mengalami gangguan seperti peradangan.

Peradangan itu sendiri disebabkan oleh akibat terbendung­nya ASI sehingga akan mengakibatkan demam pada ibu. Tan­da-tanda dari timbulnya peradangan pada payudara adalah payudara kelihatan mengkilap, bila disentuh terasa panas dan nyeri, dan ada benjolan keras yang mengandung nanah. Bila itu benar-benar terjadi pada Anda, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

  1. Endokrin

Lepasnya plasenta akan diikuti oleh hormone progesterone dan estrogen. Dengan begitu, fungsi indung telur (ovarium) pun akan kembali normal. Hal ini dikarenakan ibu yang me­nyusui secara otomatis meningkatkan kadar prolaktin dan menekan produksi FSH. Akibat menurunnya hormone estro­gen dan progesterone, maka fungsi tubuh lainnya juga ikut berubah.

  1. Hemakonsentrasi

Ketika hamil, volume darah dalam tubuh meningkat tetapi setelah melahirkan, maka volume darah pun akan kembali seperti semula dengan mekanisme hemakonsentrasi. Meka­nisme tersebut umumnya terjadi pada hari ke-3 hingga ke­ 5. Atau bisa juga mencapai satu minggu setelah melahirkan yang mana proses pengeluarannya melalui keringat dan urin /saat kita kencing.

  1. Kulit

Semasa hamil, adanya hiperpigmentasi pada wajah, leher, payudara serta yang lainnya mulai menghilang dan kembali seperti semula. Tentu ini disebabkan oleh menurunnya pig­mentasi setelah pasca persalinan.

Perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat dan saat persalinan selesai, banyak ibu yang mengalami ganggu­an nyeri pada tubuh. Rasa sakit tersebut bukan hanya pada bagi­an organ-organ yang berhubungan dengan proses kelahiran saja melainkan juga fungsi-fungsi tubuh lainya, yaitu sakit pada rahim karena seringnya kontraksi, sakit perut, ambeien, gangguan pada saluran kemih dan sulit buang air kencing, serta sakit pada pung­gung.

Demikian tadi sekilas info tentang perawatan ibu pasca salin/setelah bersalin agar ibu cepat sehat, semoga bermanfaat.

Sumber : henikustarini.wordpress.com

Produk terbaru

Rp 290.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode01EMO1928
Nama BarangTas Mini EMORY Sovia 01EMO1928 Warna Brown
Harga Rp 290.000
Lihat Detail
Rp 290.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode01EMO1928
Nama BarangTas Mini EMORY Sovia 01EMO1928 Warna Black
Harga Rp 290.000
Lihat Detail
Rp 290.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode01EMO1928
Nama BarangTas Mini EMORY Sovia 01EMO1928 Warna Apricot
Harga Rp 290.000
Lihat Detail
Rp 240.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode158
Nama BarangSepatu Smith 158 Heels Warna Black
Harga Rp 240.000
Lihat Detail
Rp 240.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode158
Nama BarangSepatu Smith 158 Heels Warna Apricot
Harga Rp 240.000
Lihat Detail
Rp 200.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode6770-17
Nama BarangKelsey High Heels 6770-17 Warna Khaki
Harga Rp 200.000
Lihat Detail
Rp 200.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode6770-17
Nama BarangKelsey High Heels 6770-17 Warna Grey
Harga Rp 200.000
Lihat Detail
Rp 200.000
Order Sekarang » SMS : 0813 8888 0446
ketik : Kode - Nama barang - Nama dan alamat pengiriman
Kode6770-17
Nama BarangKelsey High Heels 6770-17 Warna Black
Harga Rp 200.000
Lihat Detail